Skip to main content

Tani Melon Sukses - Tips Panduan Cara Tanam Melon Lengkap

Panduan Lengkap Cara Budidaya Melon – Melon ialah salah satu jenis tumbuhan semusim yang termasuk ke dalam family Cucurbiataceae. buah melon di indonesia mempunyai nilai atau harga yang sangat tinggi di indonesia. sehinga ketika ini aneka macam para petani mulai beralih untuk membudidayakan buah melon ini. namun dengan semangkin sempitnya ruang tanam kadang mempersulit para petani melon untuk menyebarkan jenis melon ini, sehingga perlu cara yang sempurna dalam membudidayakan buah melon ini salah satunya yaitu menanam tumbuhan melon di dalam pot.
 Melon ialah salah satu jenis tumbuhan semusim yang termasuk ke dalam family Cucurbiatacea Tani Melon Sukses - Tips Panduan Cara Tanam Melon Lengkap
Berikut Panduan Lengkap Cara Budidaya Melon di Dalam Pot :
  1. Persiapan bibit Tanaman Melon
Untuk mendapat benih  atau bibit yang berkualitas ketika ini aneka macam yang sudah menjualnya menyerupai benih yang rentan terhadap hama penyakit. sebelum di tanam benih terlebih dahulu di rendam dengan air selama kurang lebih 12 jam, yang mana air telah di campur dnegan fungisida. lalu tiriskan di ruangan yang gelap. sehabis benih tampak berkecambah siapkan atau tanam di media semai yang tela di tetapkan.
Fungsi dari perendaman itu sediri ialah : semoga benih gampang untuk berkecambah, menseleksi benih yang baik dan tidak baik dan sanggup di jadikan alat untuk mencegah datangnya penyakit sebab pemberiang fungisida tadi.
  1. Media Tanam
Untuk hasil yang baik yang perlu di perhatikan ialah media tanam yang di gunakan. biasanya media tanam ini memakai 3 adonan materi yaitu tanah, pupuk sangkar serta sekam yang mana perbandingan dari ketiga tersebut ialah 1:2:3. sehabis itu masukan ke dalam pot yang telah di sediakan dengan menambahkan Furadan 5 gram, NPK 20 gr, humic acid 1 liter aduk hgga merata dengan tujuan awal pertumbuhan tidak terjangkit penyakit.
  1. Penanaman
Dalam proses penanaman bibit melon ini sekita pada umur 12-14 hari seteah penyemaian atau taaman sudah berdaun 4.  sebelum penanaman di haruskan media tanah disiram terlebih dahulu dan penanaman juga dilakukan sore hari, hal ini bertujuan untuk meminimkan tingkat ajal tumbuhan sebab proses adaptasi.
  1. Pemasangan ajir
Ajir merupakan alat yang dipakai untuk sanggahan tumbuhan melon atau buah melon kekuatan ajir sanggup memilih ketegakan tumbuhan melon. ajir ini di pasang atau di buat dengan cara menancapkannya di tempat tumbuhan melon biasanya di buat dari bambu sepanjang 1,5 sampai 2 m.
   5. Pemangkasan dan pemilihan buah
Pemangkasan ini dilakukan untuk memfocuskan buah mana yang ingin di besarkan sehingga buah yang di hasilkan berkualitas. Calon buah sanggup dipilih pada cabang antara 7-12 dan dipilih satu yang untuk dibesarkan, sedangkan yang lainya sanggup di hilangkan atau di pangkas
  1. Pemupukan
Pemupukan ialah sala satu hal yang paling di perhatikan dalam  proses budidaya tumbuhan melon sebab sangat memilih kualitas dan hasil produksi buah melon yang di tanam. Pemupukan pada umur 5 HTS di beri urea dalam bentuk larutandengan kosentrasi 3 kg/300liter air. sedangkan Pupuk ZA + NPK 17 HST dan 50 HST ialah 2 kg ZA dan 1 kg NPK dengan memakai konsentrasi 3 – 4kg/200 liter air. sedangkan Pupuk daun diberikan 7 HST dengan interval antara 7 – 15 hari sekali,  dengan konsentrasi larutan 1 – 2 cc/1 liter air.
  1. Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama pada tumbuhan molon yang sering meyerah ialah lalat buah, ulat daun, tungau, aphids dan masih banyak lagi. hama menyerupai yang saya sebutkan sanggup di kendalikan dengan menggnakan atau santunan insektisida. sedangkan untuk hama dari tungau sanggup di kendalikan dengan menunjukkan akarisida.
Sedangkan pada penyakit, yang paling sering menyerang tumbuhan melon ialah layu bakteri, Layu fusarium, Gummy stem Blight, basi daun, Phytoptora molonis, embun tepung, virus dan juga cendawan tanah. penyakit tersebut dalam di kendalikan dengan santunan fungisida.
  1. Panen
Dalam proses panen ini yang perlu di perhatikana ialah umum tanamanam dan tingkat kematangan buah melon itu sendiri. biasanya buah melon sanggup di petik sekitar umur 65-70 Hsb. cara memetiknya yaitu dengan memotong tangkai buah sekitar 3 cm dari pangkat. alat yang di guaka untuk memotong yaitu pisau yang tajam dan sanggup juga gunting.
demikianlah sekilas pembahasan hari ini yang mana pembahasan kali ini membahas megenai ” Panduan Lengkap Cara Budidaya Melon di Dalam Pot ” semoga sanggup menunjukkan manfaat untuk petani indonesia dalam meningkatkan penghasilannya. semoga sukses..
Sumber:https://jokowarino.id/panduan-lengkap-cara-budidaya-melon-di-dalam-pot/

Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Jambu Air Terpopuler Di Indonesia

Jambu air yakni salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Mas Par gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesejukan jambu air sangat menjadi pengecap selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.   Jambu air berbentuk menyerupai lonceng di pecahan ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit pecahan luarnya mengkilap menyerupai dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan pecahan dalamnya menyerupai busa. Sejarah Jambu Air   Jambu air yakni tanaman buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air dipakai unt

Tani Wangsit Sukses - Cara Abnormal Para Petani Kaya Hidup Cerah Sejahtera

Dulu waktu saya masih kuliah, saya begitu 'jijik' (maaf) melihat kegilaan mereka, mual rasanya melihat cara kerja mereka. Bayangkan tiap inci tanah mereka begitu diperhitungkan, begitu berharga. Orang biasa mah buat pagar ya ditanami tumbuhan pagar, bisa pula pakai pagar bambu, pakai kawat berduri atau ditembok sekalian. Namun mereka memagari tanamannya dengan tumbuhan jeruk keprok yang berbuah lebat, dan mempersilahkan kalau ada yang mau. Pencuri mana yang masih tega masuk, lihat ranumnya buah jeruk di pagar? Mereka juga menanam tumbuhan tumpang sari dengan tumbuhan semusim, hasil panennya dibagikan begitu saja ke para tetangga sekitar....... Hidup ini rasanya begitu lezat buat mereka dan memang terbukti lezat kok. Dengan cara asing di atas saja.......kayaknya duduk kasus keamanan kebun yg menjadi 'sumber kejengkelan' kita sudah teratasi.  Yang paling asing lagi ialah memakai modal orang lain: tangan orang lain, tanah orang lain, pikiran orang lain dan tentu saja uang

Manfaat Lengkap Dari Srikaya (Buah, Daun, Biji, Kulit, Kayu Dan Akar)

Halo sobat tani !!  Jumpa lagi dengan Mas Par. Kemarin sore Mas Par dan anak memetik buah srikaya yang tumbuh dalam pot bejana (kata orang ialah tabulapot). Tidak terasa sudah hampir satu tahun pohon srikaya itu Mas Par pelihara dan Alhamdulillah sudah sanggup memetik dan mencicipi manisnya buah srikaya yang katanya teman ialah srikaya australia. Tanaman srikaya ini saya beli dari rekan pecinta tumbuhan buah dalam pot, ia menyampaikan kalau srikaya ini rasanya anggun dan sanggup besar dengan bobot lebih dari 1 kg/ buah. Dan ternyata benar, walaupun belum hingga 1 kg tapi buah pertama dari tumbuhan Mas Par hampir 1 kg beratnya. Gambar : Buah pertama dari tumbuhan srikaya australia milik Mas Par yang ditaman dengan sistem tabulapot. Dan rasanya memang benar-benar anggun sekali dengan aroma wangi khas srikaya. Mas Par makan berlima saja sudah tidak mengecewakan mengenyangkan perut. Setelah Mas Par simpulan menyantap srikaya yang anggun tersebut Mas Par jadi ingin tau bahu-memba