Skip to main content

8 Tehnik Penyemprotan Hama Wereng Secara Tepat

Halo sahabat tani !! Sesuai komitmen saya, bahwa postingan untuk kali ini kita akan membahas perihal tehnik penyemprotan hama wereng. Tetapi sebelumnya Mas Par mohon maaf sebab sudah usang sekali gres kali ini dapat Mas Par tulis artikel ini. Kadang-kadang kesibukan yang luar biasa di dunia kasatmata dapat menjadikan tertundanya aktivitas di dunia maya. Pada kesempatan kali ini Mas Par berusaha menyimpulkan pengalaman langsung dalam mengendalikan hama selebritis ini (maksudnya hama wereng). Sebab kerugian hama tikus tidak kalah dengan hama wereng akan tetapi bila ada serangan wereng dapat menciptakan geger semua orang, sedangkan serangan tikus walaupun menjadikan puso tetapi ditanggapi biasa-biasa saja.

Sebelum kita memasuki pembahasan perihal tehnik penyemprotan hama wereng ada baiknya rekan-rekan Gerbang Pertanian membaca dulu goresan pena Mas Par perihal tehnik pemngendalian hama wereng secara terpadu yang telah saya posting sebelum artikel ini.

Sebenarnya tehnik penyemprotan hama wereng tidak berbeda jauh dengan penyemprotan hama yang lain, tetapi ada poin-poin khusus yang harus dilakukan pada tehnik penyemprotan hama wereng :

  1. Tehnik pemilihan pestisida harus sempurna sasaran. Penggunaan pestisida yang tidak sempurna sasaran hanya akan memperparah tingkat serangan hama wereng dan pemborosan tenaga dan uang. Gunakan pestisida yang kerjanya sistemik, bila perlu kombinasikan pestisida yang kerjanya kontak dan sistemik. Kombinasikan pestisida yang kerjanya pembungker telur wereng dan pembunuh wereng dewasa. Sebagai pola pestisida yang kerjanya sistemik yaitu oshin, plenum, OBR, cronus dll. Pestisida yang cara kerjanya kontak yaitu darmabas, baycarb, mipcin, poksindo dll. Sedangkan pestisida pembungker telur wereng yaitu aplaud, lugen, ovista dll. Contoh pengoplosan pestisida untuk hama wereng contohnya aplaud dan darmabas/ poksindo (untuk tingkat serangan hama wereng ringan), aplaud dan OBR/ cronus (untuk tingkat serangan hama wereng sedang), poksindo dan oshin/ plenum (untuk tingkat serangan hama wereng yang berat atau hampir membentuk spot). Jangan sekali-kali memakai pestisida yang berbahan aktif piretroid sintetik ibarat fastac, matador, crown, faster, buldok, decis, starban, fostin, sidametrin dll masih banyak lagi sebab akan memperberat serangan wereng walaupun ketika disemprot wereng terlihat jatuh dan mati.
  2. Jika memungkinkan sebelum penyemprotan sebaiknya sawah diairi setinggi mungkin. Hal ini bertujuan semoga hama wereng naik ke atas dan gampang disemprot dan hama wereng yang terjatuh sebab terkena pestisida akan terhanyut dan mati. Selain itu kita juga dapat melihat jumlah hama wereng yang terjatuh/ mati ketika dilakukan penyemprotan.
  3. Pada tanaman padi yang tidak memakai sistem legowo dan tanaman yang terlalu rapat ada baiknya dilakulan penyingkapan untuk menciptakan jalan sewaktu penyemprotan dan menciptakan ruang untuk menggeraknya nozel sprayer.
  4. Penyemprotan dilakukan dengan volume tinggi maksudnya harus merata atau tapis dalam bahasa jawanya.
  5. Kencangkan nozel sprayer sehingga pancaran spray berbentuk kabut bukan mancur ibarat air kencing. Ini sering Mas Par jumpai dilapangan, banyak petani menyemprot wereng dan hama lain dengan sprayer kendur sehingga pancaran sprayer tidak ngabut tetapi mancur.
  6. Prioritaskan penyemprotan dilakukan pada pangkal batang bukan pada daun cuilan atas.
  7. Dalam satu hamparan diusahakan penyemprotan dilakukan secara bersama-sama. Penyemprotan bersama atau kita biasa menyampaikan sepray massal wereng dilakukan semoga hama wereng tidak berpindah ke sawah sebelah ketika disemprot. Selaian itu juga untuk mengukur tingkat keguyuban/ kegotongroyongan warga petani kawasan tersebut. Ini pola spray massal pengendalian hama wereng di kawasan Mas Par. bahwa postingan untuk kali ini kita akan membahas perihal tehnik penyemprotan hama wereng 8 TEHNIK PENYEMPROTAN HAMA WERENG SECARA TEPAT
  8. Pada tingkat serangan hama wereng yang berat dan terasa sulit dikendalikan sebaiknya penyemprotannya memakai miss blower sebab akan lebih merata dan lebih cepat. Pestisida yang digunakanpun harus yang cantik ibarat oshin, plenum dan cronus.

 bahwa postingan untuk kali ini kita akan membahas perihal tehnik penyemprotan hama wereng 8 TEHNIK PENYEMPROTAN HAMA WERENG SECARA TEPAT

Gambar : rekan Mas Par yang memakai miss blower untuk mengendalikan wereng.

Sedikit memberi informasi buat rekan-rekan gerbang pertanian, mumpung Mas Par ingat.

  • Menurut pengamatan Mas Par ternyata peristiwa meletusnya gunung Kelud di Jawa Timur selain membawa tragedi bagi warga Indonesia juga membawa berkah bagi petani. Serangan hama wereng di kawasan Banyumas pada awal animo ini dapat sedikit mereda sebab adanya hujan bubuk dari gunung kelud.
  • Dengan adanya serangan hama wereng di kawasan Mas Par ternyata mengurangi tingkat serangan hama tikus. Mas Par sendiri kurang paham bagaimana peristiwa ini dapat terjadi. Apa mungkin tikusnya jijik dengan hama wereng ya ? monggo dicari tahu jawabnya.

Mudah-mudahan goresan pena Mas Par perihal tehnik penyemprotan hama wereng ini dapat bermanfaat bagi petani dan bagi Mas Par sendiri. Amiiiin.

Bagi rekan-rekan gerbang pertanian yang mau copy paste artikel ini silahkan menuliskan sumbernya atau menciptakan link ke gerbang pertanian. trimakasih.

 

Sukses selalu Petani Indonesia  !!!

          Mas Par

Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Jambu Air Terpopuler Di Indonesia

Jambu air yakni salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Mas Par gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesejukan jambu air sangat menjadi pengecap selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.   Jambu air berbentuk menyerupai lonceng di pecahan ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit pecahan luarnya mengkilap menyerupai dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan pecahan dalamnya menyerupai busa. Sejarah Jambu Air   Jambu air yakni tanaman buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air dipakai unt

Tani Wangsit Sukses - Cara Abnormal Para Petani Kaya Hidup Cerah Sejahtera

Dulu waktu saya masih kuliah, saya begitu 'jijik' (maaf) melihat kegilaan mereka, mual rasanya melihat cara kerja mereka. Bayangkan tiap inci tanah mereka begitu diperhitungkan, begitu berharga. Orang biasa mah buat pagar ya ditanami tumbuhan pagar, bisa pula pakai pagar bambu, pakai kawat berduri atau ditembok sekalian. Namun mereka memagari tanamannya dengan tumbuhan jeruk keprok yang berbuah lebat, dan mempersilahkan kalau ada yang mau. Pencuri mana yang masih tega masuk, lihat ranumnya buah jeruk di pagar? Mereka juga menanam tumbuhan tumpang sari dengan tumbuhan semusim, hasil panennya dibagikan begitu saja ke para tetangga sekitar....... Hidup ini rasanya begitu lezat buat mereka dan memang terbukti lezat kok. Dengan cara asing di atas saja.......kayaknya duduk kasus keamanan kebun yg menjadi 'sumber kejengkelan' kita sudah teratasi.  Yang paling asing lagi ialah memakai modal orang lain: tangan orang lain, tanah orang lain, pikiran orang lain dan tentu saja uang

Manfaat Lengkap Dari Srikaya (Buah, Daun, Biji, Kulit, Kayu Dan Akar)

Halo sobat tani !!  Jumpa lagi dengan Mas Par. Kemarin sore Mas Par dan anak memetik buah srikaya yang tumbuh dalam pot bejana (kata orang ialah tabulapot). Tidak terasa sudah hampir satu tahun pohon srikaya itu Mas Par pelihara dan Alhamdulillah sudah sanggup memetik dan mencicipi manisnya buah srikaya yang katanya teman ialah srikaya australia. Tanaman srikaya ini saya beli dari rekan pecinta tumbuhan buah dalam pot, ia menyampaikan kalau srikaya ini rasanya anggun dan sanggup besar dengan bobot lebih dari 1 kg/ buah. Dan ternyata benar, walaupun belum hingga 1 kg tapi buah pertama dari tumbuhan Mas Par hampir 1 kg beratnya. Gambar : Buah pertama dari tumbuhan srikaya australia milik Mas Par yang ditaman dengan sistem tabulapot. Dan rasanya memang benar-benar anggun sekali dengan aroma wangi khas srikaya. Mas Par makan berlima saja sudah tidak mengecewakan mengenyangkan perut. Setelah Mas Par simpulan menyantap srikaya yang anggun tersebut Mas Par jadi ingin tau bahu-memba