Skip to main content

Padi Unggul Tahan Wereng Terbaru

Di blog Gerbang Pertanian ini Mas Par sudah berkali-kali membahas duduk perkara hama wereng, mulai dari jenis-jenis hama wereng, cara hidup hama wereng, pestisida untuk hama wereng, pestisida yang tidak boleh untuk hama wereng, cara mengendalikan hama wereng, dan cara spray massal hama wereng.
INPARI 33 SALAH SATU VARIETAS PADI TAHAN WERENG TERBARU


Sebenarnya kunci utama supaya tidak terkena wereng yakni memakai varietas yang tahan, alasannya yakni berdasarkan pengamatan Mas Par beberapa petani gagal panen ketika terjadi wabah hama wereng biasanya para petani yang menanam padi yang tidak tahan wereng. Karena memang kalau sedang ada serangan wereng padi-padi yang tidak tahan wereng akan terjangkit dulu, dan walaupun sudah dikendalikan dengan insektisida yang ampuhpun juga akan berat sekali mengatasinya.

Pesan Mas Par, jangan sekali-kali hanya mengandalkan pestisida untuk bisa selamat dari serangan hama wereng. Karena pestisida seampuh apapun gak akan bisa menahan serangan wereng kalau memang varietas yang ditanam nggak tahan wereng. Kaprikornus pengendalian dengan insektisida yakni merupakan tindakan alternatif terakhir. Penyebab berkembangnya hama wereng cokelat antara lain perubahan biotipe dan penanaman varietas rentan. Varietas unggul yang semula dinyatakan tahan hama wereng cokelat, beberapa animo kemudian berubah tingkat ketahanannya, sehingga perlu diganti dengan varietas unggul gres yang bereaksi tahan. Oleh alasannya yakni itu rotasi atau pergiliran varietas tahan wereng sangatlah perlu. Jangan hanya menanam padi tahan wereng satu jenis saja secara terus menerus, alasannya yakni akan cepat sekali terpatahkan ketahanannya. Namun biasanya petani kalau sudah cocok dengan satu varietas padi akan sulit sekali untuk ganti.

Berkali-kali negara Indonesia mengalami penurunan produksi beras secara nasional gara-gara serangan hama wereng. Oleh alasannya yakni itu ketika ini pemerintah benar-benar selalu waspada terhadap hama wereng  supaya para petani tidak mengalami penurunan produksi atau bahkan puso (gagal panen). Bentuk dari kewaspadaannya tersebut yakni dengan dirilisnya beberapa padi unggul tahan wereng oleh balitbangtan kementrian pertanian.

Jika ingin mendapat informasi bagaimana cara budidaya yang baik dan benar supaya anda sukses bertani sebaiknya anda membaca buku 
BERTANI ANTI GAGAL. 
Banyak sekali faktor-faktor penyebab kegagalan bertani yang Mas Par kupas dalam buku tersebut.


Berikut ini beberapa varietas padi unggul tahan wereng terbaru yang telah dirilis dan diuji coba oleh balitbangtan kementrian pertanian indonesia. Silahkan pilih yang cocok didaerah anda dan sekali lagi jangan hanya menanam satu jenis varietas secara terus menerus.

  1. Varietas Padi Inpari 18 mampu berproduksi hingga 9,5 t/ha dengan rata-rata 6,7 t/ha, umur genjah 102 hari, tekstur nasi pulen dengan kadar amilosa 18%. Selain tahan hama wereng cokelat biotipe 1, 2, dan agak tahan biotipe 3, Inpari 18 juga tahan penyakit hawar daun basil patotipe III dan agak tahan patotipe IV. Padi unggul ini cocok dikembangkan pada lahan sawah irigasi dan tadah hujan dengan ketinggian tempat 0-600 m dari permukaan maritim (dpl).
  2. Varietas Padi  Inpari 19 memiliki potensi hasil 9,5 t/ha dengan rata-rata 6,7 t/ha, umur genjah 104 hari, tekstur nasi pulen dengan kadar amilosa 18%. Tahan terhadap hama wereng cokelat biotipe 1, 2, dan agak tahan biotipe 3, padi unggul ini juga tahan penyakit hawar daun basil patotipe III dan agak tahan patotipe IV. Inpari 19 sesuai ditanam pada lahan sawah irigasi dan tadah hujan dengan ketinggian lokasi pengembangan 0-600 m dpl.
  3. Varietas Padi Inpari 31 berpotensi hasil 8,5 t/ha dengan rata-rata 6,0 t/ha, umur 112 hari, tekstur nasi pulen dengan kadar amilosa 21,1%. Tahan terhadap hama wereng cokelat biotipe 1, 2, dan 3, padi unggul gres ini juga tahan penyakit hawar daun basil patotipe III, tahan penyakit blas ras 033, dan tahan penyakit tungro ras Lanrang. Inpari 31 cocok dikembangkan pada lahan sawah dataran rendah hingga ketinggian lokasi 600 m dpl.
  4. Varietas Padi Inpari 33 bisa berproduksi 9,8 t/ha dengan rata-rata 6,6 t/ha, umur 107 hari, tekstur nasi sedang dengan kadar amilosa 23,4%. Tahan terhadap hama wereng cokelat biotipe 1, 2, dan 3, padi unggul gres ini juga tahan penyakit hawar daun basil protipe III, dan tahan penyakit blas ras 073. Inpari 33 sesuai dikembangkan pada lahan sawah dataran rendah hingga ketinggian lokasi 600 m dpl dan tidak dianjurkan ditanam pada lahan sawah endemik penyakit tungro.
  5. Varietas Padi Inpari 34 Salin Agritan berumur genjah 102 hari dengan potensi hasil 8,1 t/ha, rata-rata 6,0 t/ha, tekstur nasi agak pera dengan kadar amilosa 22,8%. Tahan terhadap hama wereng cokelat biotipe 1, varietas unggul gres ini juga tahan penyakit blas ras 033 dan 173, toleran salinitas, dan sanggup dikembangkan pada lahan sawah dataran rendah hingga ketinggian lokasi 500 m dpl.
  6. Varietas Padi Inpari 35 Salin Agritan berpotensi hasil 8,3 t/ha, umur 106 hari, tekstur nasi agak pera dengan kadar amilosa 24%. Agak tahan terhadap wereng cokelat biotipe 1, padi unggul gres ini juga tahan penyakit blas ras 073, dan tidak dianjurkan ditanam pada lahan sawah endemik tungro.
  7. Varietas Padi inpari 38 jumlah produksinya sebanyak  6,92 ton gabah kering panen per hektar 
  8. Varietas Padi inpari 39 bisa berproduksi sebanyak 6,46 ton GKP per hektar
  9. Varietas Padi inpari 41 bisa berpproduksi rata-rata sebanyak 6,15 ton GKP per hektar
  10. Varietas Padi Green Super Rice  (GSR). Padi GSR ada dua macam. Kedua varietas tersebut mempunyai potensi hasil sekitar 10 ton/hektar (ha) dengan rendemen 65 % pada kondisi uji multi lokasi. Bibit jenis ini bisa mengurangi penggunaan input menyerupai pestisida, pupuk kimia, dan air. Selain itu varietas padi GSR juga bisa berproduksi tinggi dalam kondisi sub-optimum, menyerupai kekeringan dan kebanjiran (amphibi). Begitu juga dengan ketahanannya dalam menghadapi terjangan hama wereng yang kerap datang. Kedua varietas padi ini terbukti ampuh menahan hama wereng cokelat dan kekeringan. Varietas ini pernah diuji coba dalam kondisi serangan hama wereng cokelat di Karawang, Indramayu, Cilacap, Banyumas, dan Kebumen. Secara fisik penampilan beras bening menyerupai kristal dan rasa nasi pulen yang disukai kebanyakan masyarakat Indonesia. Benih varietas Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 43 Agritan GSR telah diprodukdi di Unit Produksi Benih Sumber (UPBS) BB Padi dan didistribusikan kepada pihak-pihak terkait, menyerupai UPBS Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan, serta produsen benih.
  11. Varietas padi unggul Pak Tiwi-1. Batang padi Pak Tiwi-1 sangat keras dan kokoh sehingga wereng sulit menusuk permukaan batang untuk berbagi virus. Keunggulan padi Pak Tiwi-1 terbukti lebih tahan dalam menangkal serangan wereng terutama wereng biotipe 1, 2 dan 3. Sehingga secara alami wereng tidak suka dengan huruf batang Pak Tiwi-1. Keunggulan lain padi Pak Tiwi-1 yakni mempunyai produktivitas tinggi dengan potensi hasil mencapai 11 ton dan rata-rata 7-8 ton per hektar.
  12. Padi Black Madras. Padi dengan daun berwarna ungu renta dan sebagai beras sehat ini informasinya mempunyai ketahanan wereng biotip 2.  Untuk Informasi detail wacana padi Black Madras silahkan baca wacana Padi Kesehatan Tahan Hama Penyakit.


Tidak semua varietas padi tahan wereng tersebut bisa cocok pada semua kondisi dan alam indonesia oleh alasannya yakni itu para petani harus cerdas dalam menentukan jenis varietas padi tersebut. Alangkah baiknya kalau rekan-rekan petani menanam jenis padi tahan wereng yang telah diuji coba atau didemplot diwilayah tersebut. Sekali lagi, belum tentu varietas yang cocok dan bisa berproduksi tinggi disuatu wilayah akan cocok diwilayah lainnya. Oleh alasannya yakni itu tanamlah padi yang benar-benar cocok untuk kawasan anda.

Selain varietas tahan, monitoring flora padi juga menjadi kunci keberhasilan melawan hama wereng. Karena dengan monitoring atau pemantauan maka tanda-tanda serengan wereng bisa terdeteksi semenjak dini. Pengendalian dengan pestisida akan lebih gampang dan berhasil kalau kita melakukannya semenjak dini. Jangan menuggu serangan berat gres bertindak.



Demikian artikel wacana Varietas padi unggul tahan wereng terbaru yang dikeluarkan oleh kementrian pertanian. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.





Sukses Petani Indonesia  !!


           Mas Par

Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Jambu Air Terpopuler Di Indonesia

Jambu air yakni salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Mas Par gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesejukan jambu air sangat menjadi pengecap selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.   Jambu air berbentuk menyerupai lonceng di pecahan ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit pecahan luarnya mengkilap menyerupai dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan pecahan dalamnya menyerupai busa. Sejarah Jambu Air   Jambu air yakni tanaman buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air dipakai unt

Tani Wangsit Sukses - Cara Abnormal Para Petani Kaya Hidup Cerah Sejahtera

Dulu waktu saya masih kuliah, saya begitu 'jijik' (maaf) melihat kegilaan mereka, mual rasanya melihat cara kerja mereka. Bayangkan tiap inci tanah mereka begitu diperhitungkan, begitu berharga. Orang biasa mah buat pagar ya ditanami tumbuhan pagar, bisa pula pakai pagar bambu, pakai kawat berduri atau ditembok sekalian. Namun mereka memagari tanamannya dengan tumbuhan jeruk keprok yang berbuah lebat, dan mempersilahkan kalau ada yang mau. Pencuri mana yang masih tega masuk, lihat ranumnya buah jeruk di pagar? Mereka juga menanam tumbuhan tumpang sari dengan tumbuhan semusim, hasil panennya dibagikan begitu saja ke para tetangga sekitar....... Hidup ini rasanya begitu lezat buat mereka dan memang terbukti lezat kok. Dengan cara asing di atas saja.......kayaknya duduk kasus keamanan kebun yg menjadi 'sumber kejengkelan' kita sudah teratasi.  Yang paling asing lagi ialah memakai modal orang lain: tangan orang lain, tanah orang lain, pikiran orang lain dan tentu saja uang

Manfaat Lengkap Dari Srikaya (Buah, Daun, Biji, Kulit, Kayu Dan Akar)

Halo sobat tani !!  Jumpa lagi dengan Mas Par. Kemarin sore Mas Par dan anak memetik buah srikaya yang tumbuh dalam pot bejana (kata orang ialah tabulapot). Tidak terasa sudah hampir satu tahun pohon srikaya itu Mas Par pelihara dan Alhamdulillah sudah sanggup memetik dan mencicipi manisnya buah srikaya yang katanya teman ialah srikaya australia. Tanaman srikaya ini saya beli dari rekan pecinta tumbuhan buah dalam pot, ia menyampaikan kalau srikaya ini rasanya anggun dan sanggup besar dengan bobot lebih dari 1 kg/ buah. Dan ternyata benar, walaupun belum hingga 1 kg tapi buah pertama dari tumbuhan Mas Par hampir 1 kg beratnya. Gambar : Buah pertama dari tumbuhan srikaya australia milik Mas Par yang ditaman dengan sistem tabulapot. Dan rasanya memang benar-benar anggun sekali dengan aroma wangi khas srikaya. Mas Par makan berlima saja sudah tidak mengecewakan mengenyangkan perut. Setelah Mas Par simpulan menyantap srikaya yang anggun tersebut Mas Par jadi ingin tau bahu-memba