Skip to main content

Meningkatkan Hasil Panen Dengan Jarak Tanam

Salam Pertanian !!!  Kadang kita sering bertanya dalam hati, berapakah sesungguhnya jaram tanam yang sempurna untuk padi kita ? Berapakah jarak tanam yang sempurna untuk IR64 ? Berapa jarak tanam yang sempurna untuk cabai Lado ? Berapakah jarak tanam yang sempurna untuk kacang panjang parade ? Untuk itu Mas Par di Gerbang Pertanian ini akan mengulas sedikit wacana imbas jarak tanam terhadap peningkatan panen/ produksi tumbuhan kita.

Menurut Mas Par populasi atau jumlah tumbuhan sangat akrab kaitanya dengan produksi yang dihasilkan tumbuhan tersebut. Semakin tinggi populasi tumbuhan hingga titik optimal produksi yang dihasilkan akan semakin tinggi. Setelah itu kalau popolasi tumbuhan ditambah akan menurunkan hasilnya.

Kenapa ya ? ikuti terus ulasan Mas Par

Untuk memilih populasi atau jumlah tumbuhan kita harus mengetahui jarak tanam yang akan digunakan. Setiap jenis tumbuhan memiliki jarak tanam ideal yang berbeda, bahkan antar variatas tumbuhan juga memiliki keinginan jarak tanam yang berbeda pula. Semakin lebar jarak tanam populasi tumbuhan akan semakin kecil. Semakin pendek jarak tanam populasi tumbuhan semakin banyak. Untuk memilih jarak tanam yang ideal berdasarkan Mas Par ada beberap hal yang perlu kita perhatikan diantaranya :

  1. Morfologi tumbuhan (lebar tajuk dan penyebaran akar)
  2. Kebutuhan sinar matahari
  3. Kondisi iklim/ cuaca
  4. Hama penyakit tumbuhan
  5. Kesuburan tanah
  6. Metode penanaman

Semakin lebar tajuk suatu tumbuhan dan penyebaran akar dibutuhkan jarak tanam yang semakin lebar pula. Jika kebutuhan tumbuhan akan sinar matahari semakin banyak maka dibutuhkan jarak tanam yang semakin lebar. Jarak tanam semakin rapat biasanya akan menjadikan tingkat serangan hama dan penyakit semakin tinggi lantaran disebabkan oleh kelembaban mikro disekitar tumbuhan meningkat. Kondisi tanah yang subur dapat dipakai untuk tumbuhan dengan jarak tanam yang lebih lebar lantaran kandungan unsur hara lebih tinggi dan peresapan penyerapan yang lebih gampang sehingga akan menyebabakan pertumbuhan tumbuhan lebih subur. Sedangkan kondisi tanah yang kurang subur akan menyebebkan pertumbuhan tumbuhan terhambat sehingga dapat ditanam lebih rapat.

 

 berapakah sesungguhnya jaram tanam yang sempurna untuk padi kita  MENINGKATKAN HASIL PANEN DENGAN JARAK TANAM

Gambar: Padi SRI milik sahabat Mas Par (Pak Kasirun) dengan jarak tanam 35 cm. 

 

Oleh lantaran itu berdasarkan Mas Par  tidak benar kalau ada anggapan bahwa dengan populasi tumbuhan semakin tinggi akan selalu meningkatkan produksi. Tidak selamanya peningkatan populasi (merapatkan jarak tanam) akan selalu meningkatkan produksi. Hal itu disebabkan oleh lantaran adanya batasan-batasan factor pertumbuhan menyerupai persaingan mendapat sinar matahari, persaingan kebutuhan CO2, persaingan kebutuhan unsure hara di tanah, tingkat serangan hama penyakit dan lain-lain.

Dalam budidaya semua tumbuhan harus diperhatikan morfologi tumbuhan dan kesuburan tanah untuk memilih jarak tanam yang tepat. Kondisi iklim juga harus diperhatikan, pada budidaya tumbuhan semusim kalau ekspresi dominan hujan sebaiknya jarak tanam di buat lebih lebar sebaliknya  ketika ekspresi dominan kemarau dapat ditanam dengan lebih rapat.  Kenapa ya ? coba di analisa sendiri

Untuk mengetahui berapa jarak tanam yang paling ideal pada tumbuhan kita sesungguhnya anda sendiri yang harus tahu dan harus memutuskan. Mengapa ? Karena anda sendiri yang paling tahu dengan kondisi lingkungan dan tingkat kesuburan  tanah anda.  Pertumbuhan tumbuhan pada tiap lokasi niscaya berbeda. Jangankan beda Kabupaten/ propinsi, terkadang perbedaan blok areal saja juga mempengaruhi tingkat pertumbuhan. Walaupun pada label benih terkadang ditulis wacana tatacara budidaya dan jarak tanam, tapi itu hanya sebagai patokan saja.

Mas Par hanya menyarankan sebaiknya jarak tanam dibentuk jangan terlalu rapat lantaran resiko kehilangan hasil akan lebih tinggi daripada dengan jarak tanam yang terlalau renggang. Kalau terlalu rapat akan meningkatan tingkat serangan hama dan penyakit, ini yang berdasarkan Mas Par akan merepotkan nantinya. Kita akan banyak kehilangan waktu, biaya, fikiran dan tenaga untuk mengatasi hama penyakit tersebut hanya gara-gara jarak tanam terlalu rapat.

Trimaksih telah menyimak artikel wacana cara meningkatkan panen/ produksi tumbuhan dengan jarak tanam yang tepat, impian Mas Par supaya dapat bermanfaat untuk para petani Indonesia.

 

Sukses Petani Indonesia

         Mas Par

Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Jambu Air Terpopuler Di Indonesia

Jambu air yakni salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Mas Par gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesejukan jambu air sangat menjadi pengecap selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.   Jambu air berbentuk menyerupai lonceng di pecahan ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit pecahan luarnya mengkilap menyerupai dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan pecahan dalamnya menyerupai busa. Sejarah Jambu Air   Jambu air yakni tanaman buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air dipakai unt

Tani Wangsit Sukses - Cara Abnormal Para Petani Kaya Hidup Cerah Sejahtera

Dulu waktu saya masih kuliah, saya begitu 'jijik' (maaf) melihat kegilaan mereka, mual rasanya melihat cara kerja mereka. Bayangkan tiap inci tanah mereka begitu diperhitungkan, begitu berharga. Orang biasa mah buat pagar ya ditanami tumbuhan pagar, bisa pula pakai pagar bambu, pakai kawat berduri atau ditembok sekalian. Namun mereka memagari tanamannya dengan tumbuhan jeruk keprok yang berbuah lebat, dan mempersilahkan kalau ada yang mau. Pencuri mana yang masih tega masuk, lihat ranumnya buah jeruk di pagar? Mereka juga menanam tumbuhan tumpang sari dengan tumbuhan semusim, hasil panennya dibagikan begitu saja ke para tetangga sekitar....... Hidup ini rasanya begitu lezat buat mereka dan memang terbukti lezat kok. Dengan cara asing di atas saja.......kayaknya duduk kasus keamanan kebun yg menjadi 'sumber kejengkelan' kita sudah teratasi.  Yang paling asing lagi ialah memakai modal orang lain: tangan orang lain, tanah orang lain, pikiran orang lain dan tentu saja uang

Manfaat Lengkap Dari Srikaya (Buah, Daun, Biji, Kulit, Kayu Dan Akar)

Halo sobat tani !!  Jumpa lagi dengan Mas Par. Kemarin sore Mas Par dan anak memetik buah srikaya yang tumbuh dalam pot bejana (kata orang ialah tabulapot). Tidak terasa sudah hampir satu tahun pohon srikaya itu Mas Par pelihara dan Alhamdulillah sudah sanggup memetik dan mencicipi manisnya buah srikaya yang katanya teman ialah srikaya australia. Tanaman srikaya ini saya beli dari rekan pecinta tumbuhan buah dalam pot, ia menyampaikan kalau srikaya ini rasanya anggun dan sanggup besar dengan bobot lebih dari 1 kg/ buah. Dan ternyata benar, walaupun belum hingga 1 kg tapi buah pertama dari tumbuhan Mas Par hampir 1 kg beratnya. Gambar : Buah pertama dari tumbuhan srikaya australia milik Mas Par yang ditaman dengan sistem tabulapot. Dan rasanya memang benar-benar anggun sekali dengan aroma wangi khas srikaya. Mas Par makan berlima saja sudah tidak mengecewakan mengenyangkan perut. Setelah Mas Par simpulan menyantap srikaya yang anggun tersebut Mas Par jadi ingin tau bahu-memba