Skip to main content

Tren Buah Tahun 2017-2018

Halo teman tani !! Untuk menjadi petani buah yang tangguh, dihentikan hanya latah atau ikut-ikutan saja. Petani dihentikan hanya mengikuti tren pasar saja. Ketika pepaya mahal ikut tanam pepaya. Ketika jambu mahal ikut budidaya jambu. Dan apa yang terjadi selanjutnya.... ketika tren buah yang kita ikuti dah menjelang berakhir maka ketika buah yang kita tanam panen.... harga sudah terjun bebas.

Agar menjadi petani buah yang sukses maka kita harus selalu memperhatikan pasar. Atau harus berakal membaca kebutuhan konsumen. Kita lihat buah apa yang ada dipasaran harganya masih mahal dan ketersediaan masih minim. Buah tersebut yang perlu kita tanam. 

Menurut pengamatan penulis untuk tahun 2017-208 masih ada beberapa buah yang harganya akan tetap tinggi dipasaran diantaranya yakni buah jeruk, durian, jambu air, mangga, jambu kristal, klengkeng. Sedangkan buah yang ketika ini belum ngetren dan gres akan ngetren ditahun 2017-2018 yakni jeruk lemon kalifornia. Saat ini kebutuhan jeruk lemon masih tinggi dan belum banyak petani yang menanamnya... makanya harganya selangit (Rp.40.000/ kg) ditingkat konsumen.  Penyedia bibitnyapun juga masih minim maka harga bibitnya juga masih tinggi... masih dapat mencapai Rp.20.000. 

Sedangkan untuk jambu kristal, sebab bibit sangat luar biasa banyak dan petani juga banyak yang menanam makanya harganya dapat terjun bebas. Oleh sebab itu harap hati-hati bagi petani yang mau tanam jambu kristal, sebab ada kemungkinan harga akan turun. Saat ini harga jambu kristal ditingkat petani sekitar Rp.10.000. Oleh sebab itu jikalau mau menanam jambu kristal jikalau dapat jangan terlalu banyak. 



Melihat tren harga banyak sekali tanaman buah tersebut, maka sebaiknya untuk ketika ini tanamlah jeruk lemon kalifornia. Jika ketika ini anda tanam jeruk lemon, maka kemungkinan besar anda akan mendapat harga yang masih tinggi. Tapi perlu diwaspadai juga janganlah tanam buah ini terlalu banyak sebab tren jeruk lemon juga nggak akan lama.

Yang terang jikalau mau kondusif silahkan tanam buah durian dan klengkeng. Kedua buah tersebut masih selalu terjaga harganya. Tentunya patokan harga tersebut yakni di pulau jawa, untuk wilayah diluar pulau jawa kita tidak punya referensi.

Demikian informasi singkat wacana tren buah ditahun 2017-2018, agar bermanfaat dan dapat menjadi materi ide para petani buah.


Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Jambu Air Terpopuler Di Indonesia

Jambu air yakni salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Mas Par gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesejukan jambu air sangat menjadi pengecap selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.   Jambu air berbentuk menyerupai lonceng di pecahan ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit pecahan luarnya mengkilap menyerupai dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan pecahan dalamnya menyerupai busa. Sejarah Jambu Air   Jambu air yakni tanaman buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air dipakai unt

Tani Wangsit Sukses - Cara Abnormal Para Petani Kaya Hidup Cerah Sejahtera

Dulu waktu saya masih kuliah, saya begitu 'jijik' (maaf) melihat kegilaan mereka, mual rasanya melihat cara kerja mereka. Bayangkan tiap inci tanah mereka begitu diperhitungkan, begitu berharga. Orang biasa mah buat pagar ya ditanami tumbuhan pagar, bisa pula pakai pagar bambu, pakai kawat berduri atau ditembok sekalian. Namun mereka memagari tanamannya dengan tumbuhan jeruk keprok yang berbuah lebat, dan mempersilahkan kalau ada yang mau. Pencuri mana yang masih tega masuk, lihat ranumnya buah jeruk di pagar? Mereka juga menanam tumbuhan tumpang sari dengan tumbuhan semusim, hasil panennya dibagikan begitu saja ke para tetangga sekitar....... Hidup ini rasanya begitu lezat buat mereka dan memang terbukti lezat kok. Dengan cara asing di atas saja.......kayaknya duduk kasus keamanan kebun yg menjadi 'sumber kejengkelan' kita sudah teratasi.  Yang paling asing lagi ialah memakai modal orang lain: tangan orang lain, tanah orang lain, pikiran orang lain dan tentu saja uang

Manfaat Lengkap Dari Srikaya (Buah, Daun, Biji, Kulit, Kayu Dan Akar)

Halo sobat tani !!  Jumpa lagi dengan Mas Par. Kemarin sore Mas Par dan anak memetik buah srikaya yang tumbuh dalam pot bejana (kata orang ialah tabulapot). Tidak terasa sudah hampir satu tahun pohon srikaya itu Mas Par pelihara dan Alhamdulillah sudah sanggup memetik dan mencicipi manisnya buah srikaya yang katanya teman ialah srikaya australia. Tanaman srikaya ini saya beli dari rekan pecinta tumbuhan buah dalam pot, ia menyampaikan kalau srikaya ini rasanya anggun dan sanggup besar dengan bobot lebih dari 1 kg/ buah. Dan ternyata benar, walaupun belum hingga 1 kg tapi buah pertama dari tumbuhan Mas Par hampir 1 kg beratnya. Gambar : Buah pertama dari tumbuhan srikaya australia milik Mas Par yang ditaman dengan sistem tabulapot. Dan rasanya memang benar-benar anggun sekali dengan aroma wangi khas srikaya. Mas Par makan berlima saja sudah tidak mengecewakan mengenyangkan perut. Setelah Mas Par simpulan menyantap srikaya yang anggun tersebut Mas Par jadi ingin tau bahu-memba