Skip to main content

Bagaimana Takaran Dan Aplikasi Jamur Trichoderma

Halo teman tani !! Mulai hari ini Mas Par merencanakan menciptakan postingan yang bersumber dari pertanyaan para petani Indonesia (rekan-rekan Gerbang Pertanian). Hal ini kami maksudkan supaya gosip dari pertanyaan tersebut baik pertanyaannya dan jawabannya sanggup tersebar kepada para petani yang lain. Selain itu tanggapan akan lebih lengkap dan bervariasi kalau ada rekan-rekan Gerbang Pertanian yang lain yang sanggup membantu menjawab melalui kolom komentar.

Mas Par beropini bahwa tidak ada orang yang paling andal dalam bidang pertanian, kalau dia menguasai bidang tertentu secara andal biasanya dalam bidang yang lain terkadang lemah. Sebagai teladan spesialis ilmu hama penyakit tumbuhan dia sangat menguasai ihwal perhamaan dan perpenyakitan tanaman, tetapi dia kurang andal dalam ilmu tanah. Mas Par yakin bahwa ilmu pertanian itu  sifat kebenarannya tidak mutlak oleh alasannya itu jangan heran kalau selalu ada gosip dan pendapat yang yang gres ihwal pertanian.

Jadi jangan heran kalau ada petani yang lebih arif dari dosen bahkan profesor. Karena petani yakni para pelaku dan selalu praktek pertanian di lahnnya dari mulai persiapan lahan sampai menjualnya. Sedangkan dosen atau profesor biasanya hanya mendalami penelitian dalam bidang tertentu saja. Cuma sayangnya petani ilmunya tidak tertulis alias hanya diotak saja.

Hidup Petani !!

Oke, pribadi aja kita bahas ihwal pertanyaan pertama yang Mas Par simpan di HP nokia jadul ini.

Pertanyaan :

Bagaimana takaran dan cara aplikasi jamur Trichoderma sp pada tumbuhan cabe

Jawaban Mas Par :

  1. Aplikasi yang terbaik dari jamur trichoderma sp berdasarkan Mas Par yakni kita gunakan pada ketika pengolahan pupuk sangkar atau pupuk kompos. Karena kompos juga sanggup menjadi media tular penyakit akar tanaman, sehingga kalau aplikasi jamur thrichoderma sp pada kompos atau puypuk sangkar akan menciptakan semacam strerilisasi pada pupuk organik tersebut. Selain itu pemberian trichoderma pada pupuk sangkar juga sanggup mempercepat penguraian limbah tersebut kalau dimungkinkan masih ada materi organik yang belum terurai secara sempurna.
  2. Jamur trichoderma sp akan lebih lengkap kalau kita kocorkan atau kita aplikasikan pada lubang tanam, maksudnya lubang tanam yang belum kita tanami bibit sebaiknya kita siram dulu dengan jamur tersebut. Hal ini berfungsi untuk melindungi perakaran dari penyakit dan mempercepat penguraian limbah organik disekitar lubang tanam. Jika kita menanam tumbuhan yang tanpa lubang tanam (seperti padi, bayam cabut dll) maka sanggup kita siramkam pada lahan sebelum kita tanami.
  3. Untuk memperkuat pasukan trichoderma ini sanggup juga kita kocorkan pada pangkal batang cabai setiap 1 - 2 bulan sekali.
  4. Sedangkan takaran yang kita gunakan juga relatif fleksibel, kalau memakai trichoderma dari Mas Par sanggup kita gunakan dengan konsentrasi 5 – 10 ml/ lt air. Lalu kita cocorkan pada lubang tanam dengan takaran 250 ml (1 gelas kecil) pada setiap lobang. Jika untuk pembuatan pupuk organik atau aplikasi pada pupuk sangkar sanggup disiramkan (disemprotkan) secara merata.

 Mulai hari ini Mas Par merencanakan menciptakan postingan yang bersumber dari pertanyaan para BAGAIMANA DOSIS DAN APLIKASI JAMUR TRICHODERMA

Gambar : Jamur Trichoderma sp dalam bentuk biakan murni sekala laboratorium (sumber gambar: infoagro.com)

Demikian pembahasan ihwal cara aplikasi dan takaran jamur thrichoderma sp, semoga sanggup jelas.  Dan untuk rekan-rekan Gerbang Pertanian yang lebih andal dalam bidang per agensis hayatian khususnya ihwal jamur trichoderma ini silahkan dikoreksi dan ditambahi melalui kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Jambu Air Terpopuler Di Indonesia

Jambu air yakni salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Mas Par gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesejukan jambu air sangat menjadi pengecap selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.   Jambu air berbentuk menyerupai lonceng di pecahan ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit pecahan luarnya mengkilap menyerupai dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan pecahan dalamnya menyerupai busa. Sejarah Jambu Air   Jambu air yakni tanaman buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air dipakai unt

Tani Wangsit Sukses - Cara Abnormal Para Petani Kaya Hidup Cerah Sejahtera

Dulu waktu saya masih kuliah, saya begitu 'jijik' (maaf) melihat kegilaan mereka, mual rasanya melihat cara kerja mereka. Bayangkan tiap inci tanah mereka begitu diperhitungkan, begitu berharga. Orang biasa mah buat pagar ya ditanami tumbuhan pagar, bisa pula pakai pagar bambu, pakai kawat berduri atau ditembok sekalian. Namun mereka memagari tanamannya dengan tumbuhan jeruk keprok yang berbuah lebat, dan mempersilahkan kalau ada yang mau. Pencuri mana yang masih tega masuk, lihat ranumnya buah jeruk di pagar? Mereka juga menanam tumbuhan tumpang sari dengan tumbuhan semusim, hasil panennya dibagikan begitu saja ke para tetangga sekitar....... Hidup ini rasanya begitu lezat buat mereka dan memang terbukti lezat kok. Dengan cara asing di atas saja.......kayaknya duduk kasus keamanan kebun yg menjadi 'sumber kejengkelan' kita sudah teratasi.  Yang paling asing lagi ialah memakai modal orang lain: tangan orang lain, tanah orang lain, pikiran orang lain dan tentu saja uang

Manfaat Lengkap Dari Srikaya (Buah, Daun, Biji, Kulit, Kayu Dan Akar)

Halo sobat tani !!  Jumpa lagi dengan Mas Par. Kemarin sore Mas Par dan anak memetik buah srikaya yang tumbuh dalam pot bejana (kata orang ialah tabulapot). Tidak terasa sudah hampir satu tahun pohon srikaya itu Mas Par pelihara dan Alhamdulillah sudah sanggup memetik dan mencicipi manisnya buah srikaya yang katanya teman ialah srikaya australia. Tanaman srikaya ini saya beli dari rekan pecinta tumbuhan buah dalam pot, ia menyampaikan kalau srikaya ini rasanya anggun dan sanggup besar dengan bobot lebih dari 1 kg/ buah. Dan ternyata benar, walaupun belum hingga 1 kg tapi buah pertama dari tumbuhan Mas Par hampir 1 kg beratnya. Gambar : Buah pertama dari tumbuhan srikaya australia milik Mas Par yang ditaman dengan sistem tabulapot. Dan rasanya memang benar-benar anggun sekali dengan aroma wangi khas srikaya. Mas Par makan berlima saja sudah tidak mengecewakan mengenyangkan perut. Setelah Mas Par simpulan menyantap srikaya yang anggun tersebut Mas Par jadi ingin tau bahu-memba