Skip to main content

Peran Jamur Trichoderma Dalam Pertanian

Halo sahabat tanii !! Ternyata Trichoderma sp bukan hanya dipakai untuk pupuk biologi/fungisida biologi saja tetapi ada manfaat yang lain, Mas Par di Gerbang Pertanian ini kembali memosting  wacana jamur yang satu ini.

 

 Ternyata Trichoderma sp bukan hanya dipakai untuk pupuk biologi PERAN JAMUR TRICHODERMA DALAM PERTANIAN

Ketersediaan agens hayati di alam yang melimpah tentu menjadi potensi yang sangat besar. Hal ini perlu diketahui dan terus disebar luaskan kepada petani, penyuluh, dan stakeholder pertanian lainnya. Agens hayati yang akan kita bahas ketika ini yaitu jamur Trichoderma. Potensi jamur Trichoderma sebagai jamur antagonis yang bersifat preventif terhadap serangan penyakit tumbuhan telah mengakibatkan jamur tersebut semakin luas dipakai oleh petani dalam perjuangan pengendalian organisme pengganggu flora (OPT). Disamping karakternya sebagai antagonis diketahui pula bahwa Trichoderma,sp. Juga berfungsi sebagai dekomposer dalam pembuatan pupuk organik. Aplikasi jamur Trichoderma pada pembibitan tumbuhan guna mengantisipasi serangan OPT sedini mungkin pertanda bahwa tingkat kesadaran petani akan arti penting proteksi preventif perlahan telah tumbuh.

Jamur Trichoderma sp sering dipakai untuk mengendalikan Fusariumoxysporum (penyebab penyakit amis batang pada tumbuhan Vanili), Phytophtora sp (penyebab penyakit amis pangkal batang pada tumbuhan Lada) dan Rigidoporus lignosus ( penyebab penyakit  Jamur akar putih pada tumbuhan Karet). Selain itu juga efektif mengendalikan Phytium sp yang merupakan patogen tular tanah penyebab penyakit rebah kecambah pada kacang-kacangan.

Jamur ini mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:

1.    Praktis diisolasi, dikembangkan, dan daya adaptasinya luas

2.    Praktis ditemukan di tanah areal pertanaman, shg pertumbuhan pd ketika aplikasi lebih mudah.

3.     Dapat tumbuh secara cepat pada banyak sekali substrat.

4.     Memiliki kisaran mikroparasitisme yang luas.

5.     pada umumnya tidak patoen pada tanaman.

Jamur Trichoderma mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terutama kemampuannya untuk menimbulkan produksi perakaran sehat dan meningkatkan angka kedalaman akar (lebih dalam di bawah permukaan tanah). Akar yang lebih dalam ini menimbulkan tumbuhan menjadi lebih resisten terhadap kekeringan, ibarat pada tumbuhan jagung dan tumbuhan hias.

Mekanisme antagonis jamur ini sanggup difahami sebagai berikut. Saat mikroba patogen sedang dalam masa dorman, serangan antagonis jamur Trichoderma  sanggup menimbulkan kerusakan biologis inokulum patogen. Mekanisme antagonis ini sanggup berupa predasi, perparasi, dan parasitisme propagul. Bentuk lain dari antagonisme yaitu dengan pementingan perkecambahan propagul melalui kompetisi karbon, nitrogen, ion besi, oksigen dan unsur penting lainnya. Sedangkan antagonis pada permukaan tanman mencakup antibiosis, kompetisi dan predasi.

Mikoparasitisme dari Trichoderma Sp. merupakan suatu proses yang kompleks dan terdiri dari beberapa tahap dalam menyerang inangnya. Interaksi awal dari Trichoderma Sp. yaitu dengan cara hifanya membelok ke arah jamur inang yang diserangnya, Ini menunjukkan adanya fenomena respon kemotropik pada Trichoderma Sp. sebab adanya rangsangan dari hyfa inang ataupun senyawa kimia yang dikeluarkan oleh jamur inang. Ketika mikoparasit itu mencapai inangnya, hifanya kemudian membelit atau menghimpit hifa inang tersebut dengan membentuk struktur ibarat kait (hook-like structure), mikoparasit ini juka terkadang mempenetrasi miselium inang dengan mendegradasi sebagian dinding sel inang.

Mekanisme kerja Trichoderma spp. (salah satunya adalah  T. koningii) yaitu menekan perkembangan JAP dengan cara pembentukan antibiotik dan mikroparasitisme, kompetisi dan kolonisasi rizomorfa. Mekanisme penghancuran Jamur Akar Putih (JAP) terjadi melalui proses lisis miselium dan rizomorfa. Lisis merupakan proses enzimatik oleh enzim selulose yang dihasilkan oleh T. koningii.

Trichoderma harzianum menekan pertumbuhan jamur phythoptora infestan pada tumbuhan kentang.Jamur trichoderma harsianum ini merupakan jamur isolat lokal,jadi apabila memakai kompos akan mendukung berkembang biaknya jamur trichoderma ini sehingga sanggup menekan pertumbuhan phythopthora dilahan kentang.

Jamur trichoderma merupakan salah satu jenis jamur mikroparasitik/bersifat benalu terhadap jenis jamur lain.Nah sebab sifat2 inilah maka trichoderma sanggup kita manfaatkan sebagai biro biokontrol terhadap jenis2 jamur fitopatogen. Keuntungan dan keunggulanya yaitu gampang dimonitor dan sanggup berkembang biak,sehingga keberadaanya di lingkungan sanggup bertahan.

Semoga bermanfaat, sukses buat petani Indonesia

      Mas Par

Comments

Popular posts from this blog

10 Jenis Jambu Air Terpopuler Di Indonesia

Jambu air yakni salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Mas Par gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesejukan jambu air sangat menjadi pengecap selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.   Jambu air berbentuk menyerupai lonceng di pecahan ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit pecahan luarnya mengkilap menyerupai dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan pecahan dalamnya menyerupai busa. Sejarah Jambu Air   Jambu air yakni tanaman buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air dipakai unt

Tani Wangsit Sukses - Cara Abnormal Para Petani Kaya Hidup Cerah Sejahtera

Dulu waktu saya masih kuliah, saya begitu 'jijik' (maaf) melihat kegilaan mereka, mual rasanya melihat cara kerja mereka. Bayangkan tiap inci tanah mereka begitu diperhitungkan, begitu berharga. Orang biasa mah buat pagar ya ditanami tumbuhan pagar, bisa pula pakai pagar bambu, pakai kawat berduri atau ditembok sekalian. Namun mereka memagari tanamannya dengan tumbuhan jeruk keprok yang berbuah lebat, dan mempersilahkan kalau ada yang mau. Pencuri mana yang masih tega masuk, lihat ranumnya buah jeruk di pagar? Mereka juga menanam tumbuhan tumpang sari dengan tumbuhan semusim, hasil panennya dibagikan begitu saja ke para tetangga sekitar....... Hidup ini rasanya begitu lezat buat mereka dan memang terbukti lezat kok. Dengan cara asing di atas saja.......kayaknya duduk kasus keamanan kebun yg menjadi 'sumber kejengkelan' kita sudah teratasi.  Yang paling asing lagi ialah memakai modal orang lain: tangan orang lain, tanah orang lain, pikiran orang lain dan tentu saja uang

Manfaat Lengkap Dari Srikaya (Buah, Daun, Biji, Kulit, Kayu Dan Akar)

Halo sobat tani !!  Jumpa lagi dengan Mas Par. Kemarin sore Mas Par dan anak memetik buah srikaya yang tumbuh dalam pot bejana (kata orang ialah tabulapot). Tidak terasa sudah hampir satu tahun pohon srikaya itu Mas Par pelihara dan Alhamdulillah sudah sanggup memetik dan mencicipi manisnya buah srikaya yang katanya teman ialah srikaya australia. Tanaman srikaya ini saya beli dari rekan pecinta tumbuhan buah dalam pot, ia menyampaikan kalau srikaya ini rasanya anggun dan sanggup besar dengan bobot lebih dari 1 kg/ buah. Dan ternyata benar, walaupun belum hingga 1 kg tapi buah pertama dari tumbuhan Mas Par hampir 1 kg beratnya. Gambar : Buah pertama dari tumbuhan srikaya australia milik Mas Par yang ditaman dengan sistem tabulapot. Dan rasanya memang benar-benar anggun sekali dengan aroma wangi khas srikaya. Mas Par makan berlima saja sudah tidak mengecewakan mengenyangkan perut. Setelah Mas Par simpulan menyantap srikaya yang anggun tersebut Mas Par jadi ingin tau bahu-memba